Profil

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Lambung Mangkurat, sebelumnya bernama Fakultas Perikanan Unlam, berdiri pada tahun 1964. Sejak tahun 1978 Fakultas ini terdiri dari 4 (empat) jurusan sesuai surat keputusan Dekan Fakultas Perikanan UNLAM No. 462/PT/10.9/ C78 tanggal 8 April 1978. Dalam perjalanan sejarah selanjutnya, maka telah terbentuk 6 program studi (Prodi), yaitu ; (1) Prodi Teknologi Hasil Perikanan (THP), (2) Prodi Budidaya Perairan (BP), (3) Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), (4) Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), (5) Prodi Agrobisnis Perikanan (ABP), dan (6) Ilmu Kelautan (IKL).

Visi

Mewujudkan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang terkemuka, menghasilkan lulusan yang professional dan berjiwa entrepreneur serta mampu menjadi katalisator dalam percepatan pembangunan perikanan dan kelautan.

Misi

  1. Membangun potensi seluruh staf sebagai individu ataupun kelompok dalam menghasilkan karya-karya akademik yang bermutu tinggi pada tingkat nasional.
  2. Membangun atmosfer akademik yang kondusif dan proses belajar dengan metode yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, terampil dan professional.
  3. Membangun kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak pada tingkat regional dan nasional
  4. Meningkatkan kemampuan administrasi Fakultas agar mampu memberikan layanan yang prima.
  5. Membangun kebersamaan dengan semua civitas akademika dengan menerapkan manajemen partisipatif, transparan dan akuntabel.

Tujuan

  1. Meningkatkan relevansi dan efisiensi serta produktivitas penyelenggaraan Tri Dharma  Perguruan Tinggi dalam suasana  akademik yang kondusif.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional, berkemampuan Ipteks, berkepribadian mandiri, mampu mengembangkan diri dan tanggap terhadap tuntutan  stakeholders.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi perikanan dan kelautan yang sesuai dengan kebutuhan  pembangunan, khususnya pembangunan perikanan lahan basah/rawa;
  4. Meningkatkan peran serta dalam kegiatan pembangunan perikanan dan kelautan dengan menjalin kerjasama kemitraan dengan stakeholders.
  5. Meningkatkan pelayanan prima dan manajemen partisipatif, sehingga terbangun suasana yang kondusif dan demokratis.

Sasaran

Sasaran dan kebijakkan strategis disusun dengan mengacu kepada upaya pencapaian  5 (lima) tujuan institusi seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

  1. Peningkatan relevansi, kualitas akademik, dan masa studi lulusan yang tepat waktu melalui perbaikan kualitas kinerja dan layanan lembaga, peningkatan proses belajar mengajar dan prasarana serta sarana yang sesuai standar pendidikan, dan penerapan  penjaminan mutu secara berkelanjutan.
  2. Peningkatan kualitas berkelanjutan, terutama tenaga akademik, melalui peningkatan pendidikan dosen dan keterlibatannya dalam berbagai kegiatan forum ilmiah, peningkatan produktivitas hasil riset dan pengabdian  yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan pembangunan.
  3. Peningkatan relevansi dan kualitas penelitian; terutama  peningkatan kegiatan penelitian yang menunjang pembangunan regional dan nasional, peningkatan prasarana dan sarana penunjang penelitian, peningkatan kerjasama penelitian, dan penyebarluasan hasil penelitian melalui media komunikasi ilmiah
  4. Peningkatan relevansi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat; terutama melalui kesinambungan pelaksanaan program baik kurikuler maupun ekskurikuler mahasiswa dan dosen, penyebarluasan IPTEK tepatguna kepada masyarakat, industri dan pemerintah
  5. Peningkatan mutu dan pembinaan kemahasiswaan; terutama pembinaan profesi mahasiswa dan kesejahteraan mahasiswa
  6. Perluasan kesempatan belajar dan peningkatan eksistensi lembaga; terutama melalui peningkatan jumlah peminat yang masuk Fakultas Perikanan melalui berbagai kegiatan sosialisasi dan pembukaan program studi baru.

Tenaga Pengajar

Dosen FPIK Unlam berjumlah 79 orang yang sebagian besar berpendidikan S3 (Doktor) dan S2 (Magister). Selain itu berdasarkan jabatan akademik juga terdapat 3 orang guru besar atau professor. Staff dosen tersebut berasal dari lulusan universitas dalam negeri dan luar negeri

Kurikulum

Sejak tahun akademik 2003/2004, FPIK Unlam telah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi secara proposional antara kurikulkum Inti (nasional) dan kurikulum lokal (institusional). Disamping materi pokok yang berorientasi kepada pengembangan softskill dan entrepreneurship sehingga sarjana yang dihasilkan oleh FPIK Unlam menjadi lebih siap bersaing di pasar kerja baik secara lokal, nasional maupun global.