Visi, Misi dan Tujuan

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Fakultas Perikanan dan Kelautan UNLAM

Visi :

Mewujudkan FPK UNLAM terkemuka dan berdaya saing tinggi dalam mencetak SDM professional dan pengembangan IPTEK lahan basah.

 Misi :

  • Membangun atmosfer akademik yang kondusif dalam proses belajar mengajar dengan kurikulum dan metode yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, terampil, professional dan memiliki kepribadian mandiri.

  • Membangun potensi seluruh staf dosen sebagai individu maupun kelompok dalam menghasilkan karya-karya akademik dan IPTEK  lahan basah yang bermutu tinggi pada tingkat nasional maupun internasional.

  • Meningkatkan peran dan kemanfaatan FPK UNLAM dalam produk IPTEK dan Teknologi Tepat Guna untuk industridan masyarakat sekitar kampus.

  • Membangun kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak pada tingkat regional,nasional maupun internasional.

  • Meningkatkan pendidikan non akademik, melalui penggalian minat dan bakat serta pembinaan kemahasiswaan.

 Tujuan :

  • Meningkatkan relevansi dan efisiensi serta produktivitas penyelenggaraan Tri        Dharma  Perguruan Tinggi dalam suasana  akademik yang kondusif.

  • Menghasilkan lulusan yang profesional, berkemampuan Ipteks, berkepribadian mandiri, mampu mengembangkan diri dan tanggap terhadap tuntutan  stakeholders.

  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi perikanan dan kelautan yang sesuai dengan kebutuhan  pembangunan, khususnya pembangunan perikanan lahan basah/rawa;

  • Meningkatkan peran serta dalam kegiatan pembangunan perikanan dan kelautan dengan menjalin kerjasama kemitraan dengan stakeholders.

  • Meningkatkan pelayanan prima dan manajemen partisipatif, sehingga terbangun suasana yang kondusif dan demokratis.

  • Meningkatkan mutu pendidikan non akademik, seperti penggalian minat dan bakat serta jiwa kewirausahaan dan kemandirian.

Sasaran :

Sasaran dan kebijakkan strategis disusun dengan mengacu kepada upaya pencapaian  5 (lima) tujuan institusi seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

  1. Peningkatan relevansi, kualitas akademik, dan masa studi lulusan yang tepat waktu melalui perbaikan kualitas kinerja dan layanan lembaga, peningkatan proses belajar mengajar dan prasarana serta sarana yang sesuai standar pendidikan, dan penerapan  penjaminan mutu secara berkelanjutan.

  2. Peningkatan kualitas berkelanjutan, terutama tenaga akademik, melalui peningkatan pendidikan dosen dan keterlibatannya dalam berbagai kegiatan forum ilmiah, peningkatan produktivitas hasil riset dan pengabdian  yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan pembangunan, terutama IPTEK lahan basah.

  3. Peningkatan relevansi dan kualitas penelitian; terutama  peningkatan kegiatan penelitian yang menunjang pembangunan regional dan nasional, peningkatan prasarana dan sarana penunjang penelitian, peningkatan kerjasama penelitian, dan penyebarluasan hasil penelitian melalui media komunikasi ilmiah

  4. Peningkatan relevansi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat; terutama melalui kesinambungan pelaksanaan program baik kurikuler maupun ekskurikuler mahasiswa dan dosen, penyebarluasan IPTEK tepatguna kepada masyarakat, industri dan pemerintah

  5. Peningkatan mutu dan pembinaan kemahasiswaan; terutama pembinaan profesi mahasiswa dan kesejahteraan mahasiswa

  6. Perluasan kesempatan belajar dan peningkatan eksistensi lembaga; terutama melalui peningkatan jumlah peminat yang masuk Fakultas Perikanan dan Kelautan melalui berbagai kegiatan sosialisasi.